Sunday, September 29, 2013

MEMACU ADRENALIN DENGAN MENITI TALI HIGHLINE DI PANTAI SIUNG



Tulisan ini gue buat sebagai liputan atau catatan saja saat anak anak FreeSlack Crew beratraksi di High Line Pantai Siung

                Ombak pantai siung di sabtu pagi itu sangat indah, terkadang sampai 2 meter ketinggiannya. Deru suaranya sampai ke bibir pantai.  satu tenda warna kuning berdiri di bibir pantai, penghuninya masih terlelap terbuai mimpi dengan menyetubuhi sleeping bagnya. Diluar tenda, satu lelaki berambut gondrong sudah serta anak muda ganteng dan sosok lelaki tinggi dengan kulit agak gelap sudah terjaga. Dengan sekali panggil, meraka menoleh ke arahku dan jabat tangan erat antara kami. Mereka adalah FreeSlack Crew, yang didominasi oleh adik adik anggota aktif MEPA – UNS , tempat saya dulu berorganisasi dan sering diculik untuk manjat ataupun naek gunung hahaha. Rasa capekku saat perjalanan darat dari Jakarta ke Wonosari gunung kidul terbayar sudah dengan keindahan pantai ini, saya pribadi emang kepingin ke pantai siung sekedar melepas penat dan penasaran dengan pantai ini.

                Matahari mulai beranjak naek, dan sinarnya memaksa bangun anak anak yang masih terlelap di tenda. Para anggota freeslack crew yang terdiri dari saddaam, albanna, basuni, haryo pandu mulai mempacking alat , mereka naek ke deretan tebing siung. Blok blok tebing menjulang dengan grade 5.xx terhampar rapi dan siap dipanjat oleh para climber. Kawan kawan freeslack crew mulai bekerja memasang anchor. Tapi mereka bukan mau memanjat tebing, mereka akan mamasang alat2 slackline dan melakukan HIGHLINE. Tiga buah anchor dipasang di satu sisi karang dengan memanfaatkan lobang tembus. Seutas tali elephants slackline warna ungu mulai dibentangkan ke karang yang satunya, bahu membahu mereka bekerja hingga seutas tali lintasan sekitar 15 meter terbentang kencang antara 2 karang dan siap untuk dititi.

                HIGHLINE adalah salah satu atraksi dari slackline, dilihat dari kosakatanya “high” yang artiya tinggi dan “line” bisa diartikan tali atau lintasan hehe brarti Highline ini dipasang dengan konsep seperti meniti lintasan di ketinggian, highline merupakan salah satu atraksi slackline selain trickline dan longline. Olahraga meniti tali atau Slackline ini tergolong baru di Indonesia dan sedang berkembang. Kalo diluarnegeri sudah berkembang dan bahkan menjadi satu kompetisi kejuaraan. Highline di pantai siung ini merupakan salah satu lokasi favorit para sclackliner , karena deru ombak dan tantangan saat meniti disini, dengan 2 tali cowstail dari potongan tali kermantel pengaman yang terkait di harnest para slickliner selangkah demi selangkah mereka meniti tali slackline. Panasnya cuaca tidak menyurutkan semangat mereka, bergantian percobaan mereka lakukan.

                Beberapa kali percobaan dilakukan, sadham, albana, basuni, haryo pandu sukses meniti tali bolak balik, beberapa climber yang memanjat tebing pantai siung juga sukses mencobanya. Gue sendiri jiper dan bergidik melihatnya dan belum mau mencoba haha :malus: serta lebih asyik memotret sampai baterai soak dari kamera tuaku habis. Ada beberapa media lokal yang turut serta meliput kegiatan ini karena saat itu bebarengan dengan acara Indonesian Climber Gathering antara laen SCTV, Trans7. Diharapkan dari lipuran media , olahraga Slackline semakin berkembang dan meluas ke kalangan masyarakat.











                Senang rasanya gue bisa ketemui dengan adik adik MEPA yang termasuk perintis berkembangnya olahraga Slackline ini. Sampai jumpa kawan :)

No comments:

Post a Comment