Saturday, April 9, 2011

BIOSKOP ITU BERNAMA " ODEON "



Melintasi jalan Penang di kawasan Georgetown pulau Penang Malaysia, berada di sebelah kiri jalan perempatan jalan Argyl ke arah utara, terdapat satu gedung bioskop yang bernama ODEON. Nampak dari luar sebuah poster film India terpampang disana yang menandakan bahwa satu film bollywood sedang diputar malam itu. Dan bioskop odeon adalah bioskop yang memang memutar film film dari India.


Dari depan bioskop, beberapa sepeda motor terparkir di trotoar jalan. Masuk ke dalam beranda bioskop deretan bangku, poster film dan juga satu foto hitam putih gedung Odeon di masa lalu melengkapi gedung tua itu. Dan ini menandakan bahwa gedung bioskop odeon ini adalah gedung bersejarah di pulau penang dan yang masih bertahan diantara gedung bioskop modern ataupun tayangan televisi.


Seorang gadis penunggu kantin makanan, termenung sendirian dengan sabar tetap menanti para pengunjung bioskop, yang entah akan berapa orang yang akan datang malam ini. Ketika ditanya berapa orang yang telah menonton film malam ini, dengan polos dia menjawab “ 10 orang dari 200 kursi yang ada didalam gedung”.


Kesunyian memang terlihat di bioskop tua ini, mungkin hanya tinggal hitungan waktu saja gedung bioskop yang berada di kawasan kota tua George Town, kawasan dimana banyak warga keturunan india tinggal disana, kota yang mendapat penghargaan UNESCO sebagai kota warisan bersejarah ini tutup karena tergerus zaman.


( bukan foto essay , EFM )

No comments:

Post a Comment